please wait
Indonesia 1st Insurance Marketplace

Perbedaan Asuransi Jiwa & Asuransi Kecelakaan Diri


crash-1308575_1280px

Masih rendahnya kesadaran untuk berasuransi mencerminkan masih belum tingginya pengetahuan masyarakat tentang asuransi dan jenis-jenisnya. Ketidak mengertian tersebut kadang membuat masyarakat menjeneralisasi kegunaan asuransi.

Padahal sangat penting untuk memahami apa saja yang tercakup dalam polis sehingga meminimalkan terjadinya penolakan klaim. Hal ini sering terjadi pada kasus klaim Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri, maka dari itu mari kita mengetahui perbedaan keduanya.

ASURANSI JIWA

Asuransi jiwa merupakan kontrak antara pihak yang tertanggung dengan pemberi tanggungan yang berjanji secara hukum akan memberikan beneficiary (penerima uang pertanggungan) sejumlah uang sebagai timbal balik dari nilai premi (uang) yang dibayarkan, apabila yang tertanggung meninggal dunia. Tetapi hal yang harus diketahui ialah, asuransi jiwa akan menolak klaim apabila kematian dari pihak tertanggung disebabkan oleh bunuh diri, korban perang, atau kerusuhan.

ASURANSI KECELAKAAN DIRI

Asuransi kecelakaan diri merupakan asuransi yang akan memberikan kompensasi untuk kejadian yang dikategorikan sebagai kecelakaan yang nampak.

PERBEDAAN ANTARA ASURANSI KECELAKAAN DIRI DAN ASURANSI JIWA

Perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan diri terletak pada jenis kematian atau kerugian yang menjadi syarat pemberian kompensasi.

Asuransi jiwa pada umumnya hanya mencakup proteksi atas kematian, sedangkan asuransi kecelakaan diri tidak hanya memberi santunan meninggal akibat kecelakaan, melainkan juga menyediakan manfaat saat seseorang mengalami cacat karena kecelakaan.

Perlindungan yang dicakup asuransi kecelakaan berkisar dari perlindungan menyeluruh yang mencakup cacat tetap dan sementara, hingga yang hanya mencakup cacat total atau kematian akibat kecelakaan.

Jika masih belum jelas mengenai perbedaan kedua jenis asuransi tersebut, Anda bisa mengunjungi RajaPremi.com untuk mengetahui jenis perlindungan dan besar biaya premi.

Let Us Protect You!

Get a Discount, Newsletter, tips or the latest promo insurance products from RajaPremi