please wait
Indonesia 1st Insurance Marketplace

Sulit Untuk Berhenti Merokok? Ikuti Tips Ini!


14440955_1367032489990837_5487537316247450267_n

Rokok merupakan barang candu yang membuat perokok menjadi sulit untuk berhenti menghisapnya. Namun bahayanya, rokok terbukti memiki efek buruk bagi kesehatan, baik itu perokok aktif ataupun pasif. Bahaya itu antara lain, gagal ginjal, jantung, kanker, dan impotensi. Banyak orang yang memiliki kesadaran untuk berhenti dari merokok. Namun kandungan dopamine atau zat pemberi rasa nyaman dalam rokok membuat perokok menjadi sangat kecanduan dan sulit untuk berhenti.

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, Lily S Sulistyowati, selaku Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan menyarankan untuk berhenti merokok dengan 7 kiat berikut:

1. Niat dan alasan
Tentukan niat dan alasan yang lebih spesifik saat memutuskan untuk berhenti merokok. Contohnya saja, Anda memiliki buah hati yang baru saja lahir dan tidak ingin hal buruk akibat paparan asap rokok terjadi padanya.

2.Bertahap
Lakukan secara bertahap atau langsung berhenti secara total. Dengan cara seperti ini, ketergantungan Anda terhadap rokok akan berangsur-angsur menghilang.

3. Alihkan Dengan Kebiasaan Lain
Cari kebiasaan lain yang bisa megalihkan perhatian Anda dari rokok, contohnya saja mengunyah permen karet rasa mint. Atau bisa saja, Anda bisa melakukan berbagai olahraga yang malah bisa meningkatkan kesehatan.

(Baca Juga: Tetap Produktif Walau Habis Begadang)

4. Tunda Merokok
Lakukan penundaan beberapa waktu ketika keinginan merokok muncul. Caranya, jika sekarang juga keinginan merokok muncul, tundalah 5-10 menit sebelum menghisapnya. Cara ini akan mengurangi intensitas merokok Anda yang biasanya sangat sering serta bisa membuat keinginan merokok menjadi menghilang.

5. Lakukan Aktifitas Fisik
Melakukan aktivitas fisik contohnya jalan kaki di taman secara rutin. Dengan berolahraga secara rutin suasana hati Anda akan senantiasa baik dan tak perlu merokok lagi sebagai pelarian dari stres yang menekan.

6. Lingkungan Mendukung
Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat agar segera tercapai tujuan yang diinginkan.

7. Konsultasi
Cara terakhir adalah dengan konsultastasi kepada dokter ataupun terapis yang handal.

Itulah 7 cara untuk mengatasi ketergantungan Anda dari rokok. Jangan lupa, miliki asuransi kesehatan untuk melindungi jiwa Anda dari kemungkinan munculnya penyakit akibat rokok.

Let Us Protect You!

Get a Discount, Newsletter, tips or the latest promo insurance products from RajaPremi