please wait
Indonesia 1st Insurance Marketplace

Asuransi Mobil Sebagai Solusi Terbaik untuk Memperkecil Risiko


Asuransi Mobil - Asuransi adalah sebuah lembaga keuangan non-bank yang bertujuan untuk perlindungan dari berbagai jenis risiko. Asuransi memiliki beberapa jenis produk, tergantung dari kebutuhan, salah satunya adalah asuransi kendaraan. Asuransi mobil termasuk ke dalam produk asuransi kendaraan, tujuannya untuk melindungi kendaraan dari berbagai jenis kecelakaan. Apabila anda ingin mengasuransikan mobil anda, maka yang harus menjadi pertimbangan adalah anda harus memilih salah satu jenis pertanggungan yang akan diberikan oleh pihak asuransi. Berikut pertanggungan tersebut.

 

Jenis Pertanggungan Asuransi Mobil/Kendaraan

  1. Pertanggungan Gabungan, Artinya pihak asuransi akan menanggung sebagian atau seluruhnya risiko dari kendaraan atau mobil yang sudah tertera di polis asuransi.
  2. TLO (Total Lost Only),artinya pihak asuransi hanya akan menanggung kerugian yang besar dari kendaraan anda akibat berbagai macam risiko yang sudah tertera di polis asuransi, misalnya pencurian ataupun kerusakan yang mencapai lebih dari 75 %, di bawah dari situ pihak asuransi tidak akan menanggung kerugian anda.

Dari kedua jenis pertanggungan dari asuransi kendaraan ini, maka yang lebih menguntungkan adalah pertanggungan gabungan, namun jenis pertanggungan ini, premi yang harus dibayar lebih mahal dari TLO.

 

Jumlah Premi Asuransi Kendaraan

Ketika seseorang ingin mengasuransikan mobil, maka ia harus mendaftar terlebih dahulu sebagai bentuk ke-ikutsertaannya menjadi anggota asuransi. Ketika menjadi anggota asuransi, maka tertanggung harus membayar sejumlah premi sesuai yang diperjanjikan. Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi tiap bulannya sebagai kewajibannya.

Mengenai jumlah premi yang dibayar tiap bulan tergantung dari jenis pertanggungan yang dipilih, jenis kendaraan, dan juga harga kendaraan. Untuk jumlahnya, anda bisa langsung mendatangi pihak perusahaan asuransi mengenai jumlah premi yang akan dibayar. Semakin besar jumlah premi yang dibayar tiap bulan, maka semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh saat mengajukan klaim.

Istilah Klaim adalah permintaan ganti rugi oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi karena terjadi risiko seperti kecelakaan atau pencurian mobil yang sudah diasuransikan. Mengajukan klaim kepada pihak asuransi tidak semudah yang kita pikirkan, ada beberapa prosedur atau persyaratan yang harus kita tunjukkan kepada perusahaan bahwa mobil benar-benar terjadi kerusakan dengan begitu ganti rugi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

Langkah-langkah Mengajukan Klaim Asuransi

Berikut langkah-langkah dalam mengajukan klaim asuransi mobil, yaitu:

  • Menghubungi Pihak Perusahaan Asuransi
    Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemegang polis ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau pencurian adalah menghubungi perusahaan asuransi, dalam waktu yang sudah ditentukan yaitu 3 x 24 jam, baik melalui via sms, telepon, email ataupun langsung ke perusahaan, apabila pengajuan melewati batas waktu yang ditentukan, ditakutkan pihak perusahaan akan melakukan penolakan klaim dari pemegang polis.
     
  • Memperlihatkan Bukti Berupa Foto
    Apabila terjadi kecelakaan, dan mobil masih bisa berjalan, sebaiknya bawa mobil ke bengkel rekanan asuransi, atau apabila mobil rusak berat, langkah yang bisa dilakukan yaitu foto mobil sebagai bukti untuk ditunjukkan kepada perusahaan agar klaim anda ditanggung oleh perusahaan asuransi.
     
  • Mengisi Formulir
    Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah mengisi formulir yang disediakan oleh perusahaan sebagai bentuk kelengkapan keberhasilan klaim yang diajukan.
     
  • Memberikan Informasi yang Sebenarnya
    Beri informasi sebenarnya dari kejadian yang dialami, sehingga pihak asuransi bisa menganalisa informasi anda dan akan memberi keputusan klaim anda diterima atau ditolak.
     

Memberi Kelengkapan Dokumen
Ini adalah langkah terakhir yang harus anda persiapkan sebagai pemegang polis, adapun kelengkapan dokumen tersebut adalah dokumen kecelakaan, adapun dokumen kecelakaan yaitu:

  • Formulir klaim yang sudah anda isi
  • Foto copy polis asuransi, sebagai bukti bahwa anda sebagai pemegang polis/nasabah asuransi, dan sebagai bukti juga bahwa anda sudah membayar premi sesuai dengan perjanjian.
  • Foto copy SIM, sebagai bukti izin dari polisi untuk mengendarai mobil
  • Foto copy STNK, bukti bahwa mobil yang kecelakaan milikinya atau tidak
  • Surat keterangan dari pihak kepolisian, sebagai pertimbangan apakah pihak asuransi akan mengganti rugi atau tidak.

Ini semua adalah langkah dalam mengajukan klaim kepada pihak asuransi agar bersedia mengganti semua kerugian dari kecelakaan yang menimpa mobil pemegang polis, surat-surat ini harus lengkap, jika ada yang kurang, maka pihak asuransi akan enggan menerima klaim yang diajukan karena persyaratan yang diminta tidak lengkap.

 

Sekian informasi tentang asuransi mobil, semoga bermanfaat bagi anda yang hendak mengasuransikan mobil anda.

Let Us Protect You!

Get a Discount, Newsletter, tips or the latest promo insurance products from RajaPremi