please wait
Indonesia 1st Insurance Marketplace

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Dengan Tepat dan Aman


Mobil atau motor termasuk aset yang memiliki nilai tinggi apabila dirawat dan dijaga dengan baik. Itu sebabnya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih asuransi kendaraan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum memutuskan berlangganan asuransi kendaraan.

Kondisi kendaraan
Ketika Anda ingin mendapatkan asuransi yang menanggung sebanyak mungkin resiko dari beberapa kejadian yang mungkin terjadi pada kendaraan, pastikan bahwa kondisi kendaraan yang dimiliki, seperti usia mobil, kondisi body mobil, mesin mobil, hingga interiornya bisa masuk dalam persyaratan awal pengajuan perlindungan asuransi.    

Jenis asuransi
Sampai saat ini ada dua jenis asuransi yang banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi, keduanya adalah asuransi all risk dan asuransi TLO (total loss only). Kedua jenis asuransi ini umumnya memiliki perbedaan di bagian premi yang harus dibayarkan hingga penjaminan yang akan dilakukan. Untuk itu, saat memilih produk asuransi, sesuaikan terlebih dahulu jenis asuransi seperti apa yang cocok untuk kondisi kendaraan Anda.

Pastikan fasilitas produk secara rinci
Ketika Anda ingin mendapatkan asuransi kendaraan yang tepat, pastikan dulu fasilitas yang akan Anda dapatkan setelah membayar premi secara teratur. Anda bisa bertanya pada agen asuransi secara rinci tentang fasilitas yang diperoleh saat segala jenis resiko yang ada di poin perjanjian benar-benar terjadi. Dengan mengetahui fasilitas lengkap, Anda bisa merasa tenang saat berkendara kemanapun dengan kendaraan yang Anda miliki.  

Cari pembanding
Setelah Anda mendapat informasi lengkap dari sebuah perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kendaraan, jangan lupa untuk mencari informasi dari perusahaan asuransi lainnya untuk mendapat perbandingan, baik dari segi harga premi maupun fasilitas. Semakin banyak informasi asuransi kendaraan yang Anda kumpulkan, Anda bisa semakin yakin sebelum mengambil produk asuransi tertentu.

Perhatikan kondisi keuangan
Ketika Anda ingin mengambil sebuah produk asuransi kendaraan, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keuangan yang Anda miliki. Anda bisa mengambil produk asuransi sesuai kebutuhan setelah Anda mengakumulasi semua jenis pengeluaran yang mungkin Anda keluarkan per bulan. Misalnya saja saat Anda memiliki penghasilan tetap 5 juta per bulan, setelah dipotong dengan semua pengeluaran wajib, Anda hanya memiliki sisa 2 juta, maka untuk menjaga keamanan kendaraan maupun penegluaran tidak terduga yang mungkin Anda miliki, Anda bisa mencoba mencari produk asuransi kendaraan yang hanya membebankan premi 300-700 ribu Rupiah per bulan.

Lihat rekomendasi pihak dealer
Umumnya dealer mobil akan bekerjasama dengan perusahaan leasing yang juga menyediakan asuransi untuk menjamin keamanan kendaraan konsumen. Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencari sendiri informasi asuransi mobil atau motor, Anda bisa mencoba mengikuti rekomendasi dari dealer tempat Anda membeli mobil. Dengan metode ini, Anda akan merasa lebih nyaman dan tidak repot.

Perhatikan rasio keluhan pemilik polis asuransi
Ketika Anda ingin mendaftar asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan asuranasi terkenal, jangan lupa untuk memperhatikan rasio keluahan nasabah. Anda bisa mengumpulkan informasi secara online dari forum diskusi terbuka atau website resmi. Lihat jenis keluhan yang sering diutarakan konsumen dan setelah melihat hal tersebut, Anda bisa menentukan langkah lanjutan untuk tetap mendaftar asuransi di perusahaan tujuan awal atau mencari alternatif lain.  

Teliti syarat pendaftaran asuransi
Ketika Anda ingin mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi kendaraan, perhatikan terlebih dahulu syarat pendaftaran asuransi dari perusahaan penyedia asuransi. Umumnya, selain melampirkan fotokopi data identitas lengkap, Anda akan diminta melampirkan fotokopi surat kendaraan. Setelah itu, Anda akan diminta menandatangani dokumen perjanjian polis, yang perlu Anda baca baik-baik isinya. Dengan demikian, saat terjadi resiko pada kendaraan, tidak butuh waktu lama untuk melakukan klaim dan mendapatkan ganti ruginya.

Profesionalitas lembaga asuransi
Ketika Anda ingin mendaftarkan kendaraan pada sebuah perusahaan asuransi, pastikan dulu profesionalitas lembaga asuransi yang Anda pilih. Anda bisa melihatnya dari beberapa aspek, seperti lama perusahaan asuransi berdiri, jumlah total nasabah, tingkat kepuasan nasabah, dan aspek lainnya. Semoga beragam tips diatas membantu Anda dalam memilih asuransi kendaraan yang tepat.

Let Us Protect You!

Get a Discount, Newsletter, tips or the latest promo insurance products from RajaPremi