please wait
Indonesia 1st Insurance Marketplace

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Aman


 

Setiap orang sebenarnya perlu memiliki kesadaran untuk ikut serta dalam asuransi. Hal tersebut karena perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada setiap nasabahnya, saat ini cukup beragam. Namun demikian, jika Anda ingin ikut serta dalam program asuransi kesehatan, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti berikut ini.

 

Lokasi agen asuransi

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah lokasi agen maupun perusahaan asuransi. Akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki kantor perwakilan resmi di kota tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kesulitan ketika ingin mengajukan klaim maupun bertanya mengenai ragam produk asuransi yang dimiliki.

 

Kredibilitas asuransi

kedua yang bisa diteliti lebih dahulu adalah kredibilitas lembaga asuransi. Untuk masalah ini, Anda bisa menilai dari beragam aspek, seperti kantor pusat perusahaan, ragam jenis asuransi yang dimiliki, jumlah agen yang dimiliki, jumlah nasabah yang sudah dimiliki, dan persyaratan yang dibutuhkan untuk klaim. Semakin baik prosedur kerja yang dimiliki sebuah lembaga asuransi, umumnya pelayanan yang diberikan juga semakin baik.

 

Jenis asuransi

Ketika Anda ingin mendaftar menjadi peserta salah satu produk asuransi dari lembaga asuransi terbaik di Indonesia, pastikan jenis asuransi yang ingin didapatkan. Untuk masalah ini, umumnya Anda bisa melihat informasi yang tersedia di website resmi lembaga asuransi maupun brosur kantor. Selain menyesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan, Anda juga perlu membandingkan beragam hal berikut sebelum memutuskan produk asuransi yang diambil.

  • Fasilitas yang akan didapat dari asuransi kesehatan dan ada tidaknya fasilitas tambahan
  • Besar premi yang bisa didapat dalam setiap perawatan kesehatan dan apa yang terjadi pada dana asuransi dari lembaga bersangkutan ketika Anda juga terdaftar pada asuransi lembaga lain.
  • Apa yang harus diurus oleh keluarga ketika Anda sebagai pihak yang mendapat premi meninggal dunia atau dalam kondisi kritis.

 

Besaran premi

Sebelum memutuskan membeli produk asuransi, Anda harus mengkalkulasi besaran premi yang harus dibayar setiap bulannya. Dengan cara ini, Anda bisa membuat akumulasi data pengeluaran yang dipotong dari pendapatan bulanan. Terkait besaran premi, Anda bisa memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Lama masa tenor yang diberlakukan untuk produk asuransi pilihan pribadi dan masa tunggu dari asuransi, sebelum asuransi bisa digunakan. Sebagai contoh saat ada asuransi yang memiliki masa bayar 5-10 tahun untuk perlindungan kesehatan sampai tutup usia.
  • Jumlah pendapatan yang dibandingkan dengan jumlah pengeluaran tiap bulannya. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda membuat daftar pengeluaran bulanan yang biasa dilakukan sebelum membayar premi asuransi, sehingga nantinya premi asuransi yang dibebankan pada Anda bisa dibayar tepat waktu.
  • Kelengkapan fasilitas yang ada dalam produk asuransi juga harus dipertimbangkan, karena secara umum makin lengkap produk yang dimiliki akan makin besar pula premi yang harus dibayar.

 

Cara klaim asuransi

Ketika Anda mendapat penawaran klaim asuransi mudah untuk produk asuransi tertentu, jangan langsung tergiur dengan promo yang tersedia, sebelum Anda memastikan cara klaimnya. Pada umumnya, ada dua cara klaim yang diberlakukan pada produk asuransi khusus kesehatan, yaitu :

  • Cashless

Untuk sistem yang satu ini, pemegang polis asuransi maupun keluarga cukup menunjukkan kartu asuransi kesehatan yang akan digesek pada mesin tertentu milik rumah sakit.

  • Reimburse

Untuk sistem yang satu ini, pemegang polis asuransi wajib membayar dulu biaya perawatan yang dikeluarkan selama sakit dan kemudian, pihak asuransi akan menggantinya dengan nilai nominal yang sama dengan nilai kontrak asuransi. Persyaratan yang perlu dilampirkan umumnya berupa kuitansi perawatan dan kartu polis.

 

RS kerjasama

Asuransi yang diterapkan dalam dunia kesehatan akan sedikit berbeda pelayanannya dengan produk asuransi motor, terutama terkait pihak yang bekerjasama. Itulah sebabnya, sebelum memutuskan mengambil produk asuransi di bidang kesehatan, pastikan daftar RS kerjasama yang mampu melayani kebutuhan Anda di kota tinggal. Anda juga perlu memastikan kondisi sakit seperti apa yang bisa diklaim dengan produk asuransi milik pribadi. Dengan begitu, berapapun nominal yang Anda bayar bisa membawa keuntungan untuk kesehatan Anda.

Let Us Protect You!

Get a Discount, Newsletter, tips or the latest promo insurance products from RajaPremi